Rabu, 08 Agustus 2012

Refleksi sebuah Pohon Pisang

Which then of the bounties of your Lord will you deny? Ar-Rahman : 13
Salah satu cara untuk menguatkan keimanan kita selain beribadah -shalat,puasa,zakat-, kita bisa belajar mempelajari Alam -tafakur alam-. Tidak salah kita belajar pada suatu binantang, tumbuhan ataupun sebuah kejadian alam. Karena pada dasarnya, setiap yang Allah SWT ciptakan, selalu berguna untuk dunia dan akhirat -tidak ada yang sia-sia-. Seperti yang terdapat di surah ini :

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikkan kepada Kami? Maka Mahatinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; Tuhan (Yang memmpunyai) 'Arsy yang mulia. ( Al-Mukminun 115-116)


dari surah diatas, sudah dijelaskan bahwa ciptaan Allah itu ada di dunia ini untuk saling mengingatkan dan saling mengambil ibrah untuk dapat memperkuat ketakwaan kita kepada-NYA. Untuk itu kita coba pelajari dari sebuah Pohon Pisang beserta buah Pisangnya.

                                                                          --00--

Buah Pisang, merupakan buah-buahan yang bisa dikatakan populis untuk seluruh kalangan. Sedikit sekali yang tidak menyukai buah-buahan ini. Bisa digunakan sebagai makanan pembuka, main food, dessert maupun berupa minuman. Kemudian buah pisang ini kaya akan vitamin A, B1, B2, C, dan bahan-bahan mineral yang dipakai untuk mengobati penyakit-penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin tersebut. Hal ini mengajarkan kita bahwa dalam hidup ini dan dalam dakwah ini janganlah pernah menjadi kalangan yang exclusive karena pada dasarnya untuk menjadi orang yang bermanfaat itu bukan menunggu namun kita yang mendekati calon atau targetan kita.

The best man is a person who is beneficial to others

Batang pisang, biasanya batang sebuah tumbuhan hanya digunakan sebagai penompang ketika dihempas angin, sebagai tempat bercangkarnya buah-buahan yang dihasilkan tumbuhan tersebut. Namun pada batang pisang bukan hanya digunakan itu saja, saat pohon pisang ini mati pun bisa digunakan sebagai bahan pembuatan shampo. Betapa bergunanya sebuah batang pisang, berguna ketika dia masih 'hidup' hingga 'mati'. Inilah yang seharusnya pencerminan semangat perjuangan rakyat muslim di dunia. Hidup dan matinya hanya untuk Allah, dimana selalu bermanfaat untuk dunia ini.

Perjuangan akan sia-sia ketika hasil dari perjuangan itu mati ketika kita mati juga

Akar Pisang, dimana tanpa akar sebuah pohon pisang tidak dapat berdiri tegak, ibarat seorang muslim tanpa iman dan takwa kepada-NYA. Walau tersembunyi didalam tanah namun sangatlah penting.

Dan yang terakhir Daun Pisang , siapa yang tidak tau kegunaan daun pisang. Sering sekali kita gunakan untuk alas ketika makan, ataupun sebagai 'payung' ketika hujan datang. Inilah rancangan dari Allah SWT, bayangkan ini baru sebuah pohon pisang.

Pohon Pisang hanya dapat berbuah satu kali dalam penanaman dan akan mati. Seharusnya inilah perilaku seorang muslim, yang dimana sudah ditakdirkan mendapatkan amanah sebuah khalifah di dunia ini, dan pasti akan meninggal suatu saat nanti. Tidak ada kata selain selalu berjihad hingga dimana kita berada, lingkungan akan merasakan manfaat kita :)

Bagaimana dengan kita, yang dimana Allah mengatakan bahwa Manusia adalah makhluk paling sempurna?? :)

#refleksiRamadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SARA No RASIS (",)