Rabu, 08 Agustus 2012

Refleksi sebuah Pohon Pisang

Which then of the bounties of your Lord will you deny? Ar-Rahman : 13
Salah satu cara untuk menguatkan keimanan kita selain beribadah -shalat,puasa,zakat-, kita bisa belajar mempelajari Alam -tafakur alam-. Tidak salah kita belajar pada suatu binantang, tumbuhan ataupun sebuah kejadian alam. Karena pada dasarnya, setiap yang Allah SWT ciptakan, selalu berguna untuk dunia dan akhirat -tidak ada yang sia-sia-. Seperti yang terdapat di surah ini :

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikkan kepada Kami? Maka Mahatinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; Tuhan (Yang memmpunyai) 'Arsy yang mulia. ( Al-Mukminun 115-116)


dari surah diatas, sudah dijelaskan bahwa ciptaan Allah itu ada di dunia ini untuk saling mengingatkan dan saling mengambil ibrah untuk dapat memperkuat ketakwaan kita kepada-NYA. Untuk itu kita coba pelajari dari sebuah Pohon Pisang beserta buah Pisangnya.

                                                                          --00--

Buah Pisang, merupakan buah-buahan yang bisa dikatakan populis untuk seluruh kalangan. Sedikit sekali yang tidak menyukai buah-buahan ini. Bisa digunakan sebagai makanan pembuka, main food, dessert maupun berupa minuman. Kemudian buah pisang ini kaya akan vitamin A, B1, B2, C, dan bahan-bahan mineral yang dipakai untuk mengobati penyakit-penyakit yang timbul akibat kekurangan vitamin tersebut. Hal ini mengajarkan kita bahwa dalam hidup ini dan dalam dakwah ini janganlah pernah menjadi kalangan yang exclusive karena pada dasarnya untuk menjadi orang yang bermanfaat itu bukan menunggu namun kita yang mendekati calon atau targetan kita.

The best man is a person who is beneficial to others

Batang pisang, biasanya batang sebuah tumbuhan hanya digunakan sebagai penompang ketika dihempas angin, sebagai tempat bercangkarnya buah-buahan yang dihasilkan tumbuhan tersebut. Namun pada batang pisang bukan hanya digunakan itu saja, saat pohon pisang ini mati pun bisa digunakan sebagai bahan pembuatan shampo. Betapa bergunanya sebuah batang pisang, berguna ketika dia masih 'hidup' hingga 'mati'. Inilah yang seharusnya pencerminan semangat perjuangan rakyat muslim di dunia. Hidup dan matinya hanya untuk Allah, dimana selalu bermanfaat untuk dunia ini.

Perjuangan akan sia-sia ketika hasil dari perjuangan itu mati ketika kita mati juga

Akar Pisang, dimana tanpa akar sebuah pohon pisang tidak dapat berdiri tegak, ibarat seorang muslim tanpa iman dan takwa kepada-NYA. Walau tersembunyi didalam tanah namun sangatlah penting.

Dan yang terakhir Daun Pisang , siapa yang tidak tau kegunaan daun pisang. Sering sekali kita gunakan untuk alas ketika makan, ataupun sebagai 'payung' ketika hujan datang. Inilah rancangan dari Allah SWT, bayangkan ini baru sebuah pohon pisang.

Pohon Pisang hanya dapat berbuah satu kali dalam penanaman dan akan mati. Seharusnya inilah perilaku seorang muslim, yang dimana sudah ditakdirkan mendapatkan amanah sebuah khalifah di dunia ini, dan pasti akan meninggal suatu saat nanti. Tidak ada kata selain selalu berjihad hingga dimana kita berada, lingkungan akan merasakan manfaat kita :)

Bagaimana dengan kita, yang dimana Allah mengatakan bahwa Manusia adalah makhluk paling sempurna?? :)

#refleksiRamadhan

Minggu, 05 Agustus 2012

maaf :)

" Ja ja ja kamu ikut gak traktiran ualng tahun huda nih, di solaria loh nanti malam, kita ngguin looh "

" Eja … aku melihat tawamu lagi setelah sekian lama tersembunyi hehehehe (sok puitis :D ), terimaksih masih peduli. Doa buat eja, semoga Eja tetep ada sama kita… "


" Eja sekarang sombong bgt, smsku gak dijawab "


" Tuh liat kan kalo ada aku, pasti eja pergi .... "


dan yang terkahir..


" gak enak aja ngeliat lo yg makin kesini makin serius. mainannya sama laptop doang. keliatannya cape banget ngurusn data.. rutin senyum lah ja "

yuupp udh hampir 2 bulan lebih dapat perkataan ini dari berbagai orang, mungkin di post ini ingin memohon maaf mohoon maaf sebesar-besarnya padaa semua sahabat-sahabatku yang mungkn berasa skg ane jd sombong bgt, sok serius. afwaann maaaf  T.T

kalau boleh memilih, ane kembali menjadi eja yang geje eja yang dulu, tapi keadaan tidak meminta itu, umur tidak meminta itu, dan tentunya kedepannya tidak meminta itu

ingin menjelaskan saja disni, ane tidak marah, ane tidak sombong malah sangat kangen dgn keharmonisan ketawa2 kita. saat ane ngecengin seorang akhwat. hahaha kerjan buruk ini #eh :P

ane sangat kangen dgn kalian, kalian kalian yang hingga skg malah masih menegur kediaman ane. tidak mendiamkan balik. makasih ^^

proses kedewasaan, yup ini yang lagi pengen dijalanin sma ane. pgn belajar bersikap sewajarnya bersikap tidak cengcengan, bersikap melompat jauh kesana tidak berpikir spontan. dan pendapat pribadi nih, hal itu perlu dilatih dari skg bukan nanti2 :)

afwan afwan mas mba bro sist akh ukh, mohon doanya saja ini pembelajaran yang baik dan ane berjanji akan selalu bersama kalian, akan selalu hingga selamanya. kalian orang-orang spesial di hidup ini, kalian orang2 hebat. aku pengen sama seperti kalian, aku tertinggal ratusan langkah dibelakang :)

seorang indri yang entah kenapa liat kamu itu ngeselin, ngeselin pnya sahabat yg sgt hebat. smsku saat pengumuman itu serius loh :)

seorang atik, penghafal al-quran sejati. baru berjuang tp pasti hapalan ane kalah deh sma dia :)

seorang teguh,fadlan,huda,koko,gilang seorang belajar tulen. belajar bukan matakuliah aja, belajar apapun itu, iriii aku sama kaliaaan :)

seorang satria,ibet,yosi seorang yg selalu mmbwa kesenangn dmna dkt kalian . entah cara senang2 yg bnr2 berkenang. selalu snyum kalian , aku kangeeen :D

seorang eci, selalu kelahi yak kita. tapi pasti baikan kita cepat juga :D, catatannya sgt menolong. baiiiiiikkkkk bangeeett nih oraang, iriii sama kebaikan hatinya :)

dan sahabt SMAku, klo kata org kmbrn krna milad kita deketan :P, sang ketua KM, aris. yup ente itu inspiratif kalau ane mau jujur :p

" sahabat the genk of melingkar fistek 2010 kelas A ". hahah aku sebut genk kita ini yak :P

dan ada beberapa orang nih yg pgn dijelasin :)

buat jeng sabil sang penghafal dan pencinta Al-qur'an selamanya, aku iriii sama tahsin dan hapalan entee. gak mungkin daah dilewatiiin. kalah kasta --a

buat jeng niqla, hahaha ini niih temeen paling ababil #eh :P, hebat ente niq bnyk lombaaaa yg diikuti, dan selalu rejekii, ayoo bantu aku niq, yaa biar selama kuliah ada 1 lah yg bisa dibanggain ke Allah prestasi. semoga berkah lomba kita satu ini :D

buat bro aka, pak presiden yang selalu menginspirasi klo dkt ente, entah candaan ataupun kutipan pak pram idola ente, sukses yak pak pres. ente org inspirasii bgt, mari menginspirasi bnyk anak2 :D

buat bro harban, ilyas, yanu. aku slalu ngrepootn. maaaf yaaaa :) mari berjuang smaa2 di ppsmb ^^

dan yg terkahir buat mas ribud dan bu forsalam, bu fathih. maaf yaa jadi PJ gak baik nih, malah ssh nuliis :(, maaaf mas, niaat adaa tp caraaa nuanginnya ssh :((

janjiii saat pulang akan ane perbnyk tulisaann :D

yup, post geje sudaah dituangkan. sdkt legaa yg ada dihati :)
kalau geje jgn dibuka ya post ini :P

salaam hangat dari sahabat yang aneh inii :D

" teguran itu gak selalu turun langsung dari Allah, tapi dari kalianlah teguran akan selalu turun, saling memperbaiki yaa ^^ "