Sabtu, 28 April 2012

Sisi Senang di Sisi Berat ^^

" Rasa Senang merupakan seni yang harus dipelajari. Siapa yang mengetahui bagaimana menguasainya, dan bagaimana mencapainya, akan mendapatkan manfaat darinya. Berupa keindahan hidup dan penghidupan yang mengalir " - Al - Qarni
Setiap manusia pasti akan mendapatkan sisi berat dalam kehidupannya. Namun setiap manusia memiliki kadar masing-masing mengenai sisi berat ini. Ada yang Allah kasih cobaan hanya mengenai bagaimana mengontrol emosi, atau yang hanya bagaimana memanagemen diri. Ini semua Allah yang atur bagaimana dengan adanya sisi berat ini bukan malah membuat kita semakin menjauh dengan-NYA, namun malah menambah kompetensi kita untuk semakin mendekat kepada-NYA.

Karena pada dasarnya ini merupakan garis dasar kehidupan manusia itu sendiri seperti yang di firmankan ALLAH SWT
" Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit dari ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar "
Sudah terwacanakan, sudah sunnatuhllah, setiap manusia pasti akan kena sisi berat dalam hidupnya, namun tinggal bagaimana sikap kita. Baru ini namanya ujian kehidupan, siapa yang berhasil lolos maka akan menjadi peringkat pertama, ibarat UAN aja deh ^^

Nah karena sudah pasti, atau sudah Allah agendakan buat kita, jangan sampai kita kalah. Kalau kata majalah tarbawi - Jangan Biarkan yang Berat Hilangkan Sisi Senang -
Ketika sisi berat ini sudah mulai di agendakan ke kita, saatnya kita mencari sisi senang itu pada sisi berat yang sedang dijalanin. Mari berpikir positif, hilangkan semua ketakutan -kecuali takut pada Allah- , optimis dan ikhlas ^^ 

Ingatlah ibarat hari yang selalu berganti, sisi berat ini pun akan selalu berganti juga. Dan jangan sampai kita menjadi orang pengecut, yang meninggalkan sisi berat dengan alasan ini bukan kemampuanku, aku pasrah dll.  Karena pada dasarnya, Allah pun sudah memberitahu, Allah akan memberikan suatu ujian sesuai kadarnya yang diuji. Ini merupakan pemberitahuan pada kita, bahwa apapun yang diujikan pastilah kita bisa menyelesaikan ujian itu ^^
so, bagi temen-temen yang sedang diuji besar -menurut diri sendiri- janganlah pasrah dan menyerah, Allah itu gak pernah tidur kok, dan asiknya ketika kita bersandar semua kepada-NYA, pasti deh akan di gampangkan masalah itu selesai :)

tetep semangat, bagi temen-temenku yang sedang syuro marathon, bagi temen-temenku yang masih bermasalah pada internal organisasi, dan bagi temen-temenku yang sedang berjuang sendirian di luar sana. Dan terutama bagi diri sendiri ^^

ingaat kita itu bukan aktivis gang, tapi kita aktivis dakwah -menyeluruh-
bekerja dan fokuslah semaksimal mungkin di keadaan kita sekarang
Allah lah yang mengatur ini semua, dan ingat kita itu dinilai Allah itu berdasarkan kerja kita
jangan mengeluh, ikhlas bro ^^
gak nyaman dengan keadaan?? cupuu kalau begitu kitaa
apakah kita bekerja harus nyaman?? malah ketika tidak nyaman itulah kita dipercaya Allah untuk mengemban lebih dari orang-orang yang nyaman itu. Dan disinilah dilihat apakah izzah kalian di jalan ini hanya sebatas lini.

soooo, jalan kita memang tidak ada yang nyaman . kalau masih berurusan sama ego/masalah sendiri itu gak ngefek sama masalah di jalan ini, karena masalah di jalan ini sangat kompleks, dan yang seharusnya kitalah penyelesai masalah itu bukan masalah yang sekecil ini ^^

dan satu hal yang back to topic, selalu tersenyum akan sisi berat yang ada. Sisi senang itu pasti ada di semua sisi berat, Allah sudah menjanjikan kok ^^. dan disinilah kedewasaan diuji dan di upgrade ^^

- dan usilah ke semua orang ketika kalian butuh senyuman di diri kalian sendiri :P -
afwan bagi orang-orang yang masih sampai sekarang ane usilin :P


" Ya Allah perbaikilah keadaanku. Dan jangan Engkau serahkan aku kepada diriku sendiri, sekedip mata pun" - HR Bukhari dan Muslim, doa yang diajarkan Rasulullah ketika sisi berat mendatangi dan sisi senang tetap terjaga
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
larut malam, di sudut kamar kontrakan
orang yang paling banyak dosa
rezha aditya maulana budiman

Minggu, 22 April 2012

Saya Suka Sama ....... ^^

perjalanan masih panjang, yup perjalanan kali ini sangatlah panjang malah bisa dikatakan perjalanan ini baru di mulai
goal yang dituju sudah ada, output yang diinginkan sudah ada. Tapi ini bukanlah seperti makan, yang -mungkin- tidak memperhatikan bagaimana cara kita mengunyah, bagaimana cara memasukan makanan ke mulut, namun ketika makan yang ada cuman kenyang, enak/tidak. hanyalah output yang bisa kita rasakan.

dan perjalanan ini bukan hanya sekedar itu, perjalanan ini ibarat kita main game. memiliki kesulitan masing2, ada level setiap habis melawan boss dan semakin susah ketika sudah naik level.
perjuangan di perjalanan inilah yang kita jalanin, bukan output yang jadi prioritas utama

inilah perjalanan yang sedang dimulai, dan ini sangatlah panjang, mungkin bisa sampai 10 tahun kedepan perjalanan ini berlangsung.Tidak ada yang tau, hanyalah usaha semaksimal mungkin yang kita lakukan sekarang

ibarat seorang balita, kita harus seperti itu untuk diperjalanan ini. seorang balita ketika ingin belajar berjalan menurun penelitian itu mengalami kegagalan/jatuh sebanyak 139 -lupa berapa sebenarnya :P- tapi seorang balita akan terus berusaha agar dia bisa berjalan walaupun dia harus nangis, terluka. Tapi dia akan selalu berusaha. disinilah kita mencontoh dari seorang balita dimana kita sudah melalui fase ini.

dalam perjalanan ini, pasti ada yang nangis, pasti ada yang futur, pasti ada yang berantem, pasti juga ada yang mati. tapi kita janganlah menjadi seorang pencundang, berhenti dan menyerah ketika jatuh di hitungan pertama. bayi saja dari sebanyak dia jatuh tetap berusaha, kita yang sudah semakin banyak ilmu yang didapat masak kalah sama bayi yg masih polos :D

perjalanan ini, tidak pernah melihat kita akan dapat apa, tapi perjalanan ini melihat apa yang kita beri. karena ALLAH itu agak pernah tidur, Allah never sleep. jadi jangan berpaku atau bertujuan apa sih yang kita dapat, tapi yang kita pikirkan apa sih yang mesti saya korbankan untuk perjalanan ini

karena Allah akan selalu memberi yang terbaik untuk yang berjalan di perjalanan ini. boleh kita berjalan dengan cara masing-masing, tapi ingat jangan sampai kita menjatuhkan sesama di jalan ini. toh ini jalan bersama, dan rasanya bahagia ketika memiliki teman yang sangat banyak dalam menememani perjalanan ini ^^

ibarat mendak gunung, kata seseorang teman
" sehingga lebih tepat ketika bicara kesuksesan tidak membicarakan akhir, tapi terjalnya jaln yang kita pilih bangga dengan semakin sulit jalan menuju pucak yang kita tentukan.. hingga nanti, matahari yang dipucuk semakin berbinar karena kita membelinya dengan peluh.. "
inilah perjalanan yang -mungkin- baru dimulai, dan sedang berjalan
kita tidak sendiri, ada orang yang ilmunya sangat banyak tapi akan lebih lengkap ketika ditemanin dengan orang yang masih belajar mencari ilmu. jangan merasa kecil ketika kita masih belum punya ilmu, malah itu pacuan bagi kita buat mencari ilmu itu. dan janganlah sering mengintervensi bagi orang-orang yang berilmu biarkan pendapat orang belajar diterima dengan legowo, karena kita berjalan bareng-bareng ibarat main bakiak :D, dan kebenaran bukan selalu dari yang berilmu, dari orang yang belajar pun bisa ^^

SAYA SANGAT MENCINTAI PERJALANAN INI ^^
#semangatAPAPUN deh :D


 [sumber foto : bahasaarabipgktb.blogspot.com ]



Kamis, 19 April 2012

DownShare - Download & Share ^^


~ e-Book Islami ~

1. Untukmu Kader Dakwah, Download !!
2. Fiqh Prioritas ( Yusuf al Qardhawi), Download !!
3. Bagaimana Menyentuh Hati ( Abasa As-Sisy), Download !!
4. Risalah Manajemen Dakwah Kampus ( FSLDK GAMAIS ITB ), Download !!
5. Ushul 'Isyrin, Download !!
6. Usrah dan Dakwah ( Hasan al Banna ), Download !!
7. Generasi Muda dan Perubahan (Fathi Yakan), Download !!
8. [ FULL ] Riyadhus Shalihin Indonesia Edition, Download !!
9. Profil Murabbi Ideal, Download !!
10. Bukan di Negeri Dongeng, Download !!
11. Kumpulan Tulisan dan Pemikiran Anis Matta, Download !!


[ sumber link ] www.salamic.wordpress.com/downloads
[ sumber foto ] http://floreantpos.com/download 

Minggu, 15 April 2012

UAN, tugas seorang Kakak ^^


ngomong-ngomong besok UAN yaa :)
jadi teringat 2 tahun lalu, ketika masih berseragam putih abu-abu, gak kerasa itu 2 tahun lalu :)
tandanya udah semakin tua, waktu memang hal yang tidak bisa diubah dan jalan seenaknya saja tanpa melihat yang lain. sungguh Allah sudah memperingati kita mengenai waktu di surah al-asr ^^

2 tahun yang lalu, ketika masih imut-imut :P. masa-masa mendekati UAN dulu, ibarat hal yang sangat spesial. spesial karena saat mendekati UAN ibadah semakin dikencangkan, belajar semakin rajin di tiap harinya, takut tidak bisa lulus UAN dan mengecewakan orang tua. namun jika di beri cermin, sekarang bukan eja yang masa SMA. Ya Allah sangat mudah manusia berubah, sunggu berarti jika tidak dekat sama engkau Ya Allah, sungguh rapuhnya diri ini.

UAN kemarin jujur tidak seindah ketika masuk SMP dulu, masih teringat jelas ketika masuk SMP ane mnggu pngumuman berjam-jam bareng mamah. perasaan deg-degan pun gak bisa dielakkan. dan ketika mendapat pngumuman serempak ane menangis bersama mama, gak tau kenapa bisa menangis dan ketika itu menangis bahagia. sungguh hal yang sangat berkesan, dan sunggu perjuangan mama sangat besar selama hidup ane, I love you mom :*

kembali ke UAN,keasikan curcolnya :P
UAN dulu yap, jadi teringat rejeki dari Allah. UGM?? it's not my decision, jujur dalam benak tidak kepikiran buat masuk UGM, dulu hanya berpikiran lulus dan kuliah (belum kepikiran masuk mana). dan masuk jurusan Teknik Fisika pun ketidaksengajaan jadi hal yang perlu dimaklumin ketika pelajaran ane adalah orang yang paling gak mengerti di kelas -_____-"

tapi kembali lagi ini sebuah rejeki dan saat ini sangat merasakan jalan-NYA ini. kalau gak ke UGM aku gak mengenal namanya FORSALAMM UGM. aku gak mengenal namanya jatuh bangun. Allah memberikan rejeki dan tantangan itu sangat tipis. syukron katsir :)

yup kembali (lg) ke UAN, keasikan (lg) curcolnya :P
pada saat UAN 2 tahun lalu, tidak terpikirkan lg kuliah dimana, rejeki bener2 tidak ada yang tau kecuali Allah. dan saat UAN yup hal yang juga deg-degan dan perjuangan berdarah-darah #lebay .

tapi disinilah kita belajar, ketika sedang di tekan akan sesuatu kita malah semakin menjadi orang yang paling shaleh deh di dunia. kita benar2 meminta bantuan-NYA, belajar, berdoa, tahajud, tadarus sangat di kencangkan. namun ketika sudah tidak ditekan lagi, kita malah menjadi orang yang paling buruk di dunia, malas tahajud, tadarus dan belajar lagi. yup ini namanya iman, sesuai yang sering kita dengar :
Iman seorang muslin itu naik turun, namun satu-satunya cara agar tidak turun drastis yaitu rajinkalah shalat dan mendengar kajian :)
kalau kataAlm. Ustadz KH. Rahmat Abdullah dalam film Sang Murabbi :
jangan pernah menjadi monyet yang memanjat pohon yang sangat tinggi, ketika diberi angin yang sangat kencang, monyet itu akan berpeganggan sekuat tenang pada pohon itu, namun ketika di beri angin sepoi-sepoi malah monyet itu menikmatinya, tertidur dan jatuh pada akhirnya.
bisa disimpulkan, iman juga begitu, termasuk ketika UAN, UTS, UAS ataupun ketika melamar seorang akhwat #ups, kita pasti sangat berkerja keras untuk mendapatkan ridho-NYA, hal ini sangat lucu. karena Allah itu kan selalu ada buat kita, di saat tidak ada tekanan kita juga mesti selalu berjuang sangat keras ^^ dan meminta ridho-NYA.

*mungkin sekian "curcol" lagi*
akhir-akhir ini lagi senang curcol, afwan :)

SEMANGAT bagi yang UAN besok, adek-adek kelasku di SMA, adek-adek teman seperjuangan di kuliah, adek-adek seluruh kakak di Indonesia. Jangan lupa yang mendoakan juga dikuatkan ibadahnya, karena dari sinilah kita berjuang untuk adek kita. Tetap semangatin adek-adek kita, karena kita sebagai kakak adalah orang yang paling di teladanin adeknya secara tidak langsung :)




Dan jangan mencontek yaa ^^, jujur lebih baik :)

SEMANGAAAATTTTTTTT XD
semoga bermanfat tulisan ini, afwan geje ^^
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ba'da subuh
menjelas uts lagi
assalamualaikum ^^

Kamis, 12 April 2012

kumpulan kultwit ^^

sumber foto : http://wisnudewobroto.com/sharing-lewat-twitter-tentang-fakta-fakta-yang-saya-alami-setelah-lulus-kuliah/

#perangbadar via @proUmedia


Kisah Jumat kali ini ingin sedikit bercerita tentang pertempuran fisik yg sering dialami oleh Rasulullah yaitu #PerangBadar simak ya..
1.   Di madinah, nyaris tak ada waktu istirahat yg cukup bg Rasulullah. Perang demi perang bersambut dlm jeda wkt yg tdk panjang. #PerangBadar
2.   yaitu, perang yg terjadi baik antara kubu Nabi vs kaum kafir Quraisy dan sekutunya dipihak lain. Istilah perang tsb: Ghazwah #PerangBadar
3.   Slama hidup Rasul saw telah terjun dlm 26 ghazwah. Yg tdk diikuti beliau sbnyk 38 kali. kisah #PerangBadar trmasuk yg populer dlm sejarah

4.   #PerangBadar trjadi pd 17 Ramadhan tahun 2 hijrah. Perang ini dipicu oleh tindakan Nabi yg perintahkan sahabat utk hadang kafilah Quraisy
5.   Nabi tdk berniat trjadinya prtempuran ketika menghadang kafilah dagang Abu Sofyan dr Syam ke Makah. Shg tdk ada bala tentara #PerangBadar
6.   Akan ttp, kafilah dagang ABu Sofyan lolos setelah berhasil mengirim kurir kpd kaum Quraisy Makah utk meminta perlindungan. #PerangBadar
7.   Kafir Quraisy kemudian kerahkan 1.000 pasukan : diantaranya 600 infanteri & 100 kaveleri. Serta 700 unta dan budak perempuan #PerangBadar
8.   Mendengar ada pengerahan pasukan, mau tidak mau Nabi dan para sahabat yg hanya berjumlah 314 org harus siap menghadapi. #PerangBadar
9.   Sbagian besar pasukan Rasul dr gol Anshar, dg bawa 70 unta & 2 atau 3 ekor kuda. Dlm prjalanan mereka brgantian menaikinya. #PerangBadar
10. Nabi pun minta persetujuan dr para sahabat khusunya kaum Muhajirin dan Anshar agar mau ikut berperang. Mereka meng-iyakan. #PerangBadar
11. kaum Anshar sadar bahwa Nabi membutuhkan mereka, utk itu Sa'ad bin Mu'adz-pemimpin Anshar, menyatakan pendapatnya : ... #PerangBadar

12. "Wahai Rasulullah, kami telah mempercayaimu dan membenarkan ucapanmu. Kami bersaksi bahwa ajaran yg kau bawa adalah Haq... #PerangBadar
13. ...Karenanya, kami berikan kpdmu janji setia dan persetujuan kami utk tunduk dan patuh! utk itu lanjutkanlah misimu.” #PerangBadar
14. Orang2 lain, selai Mu'adz mengeluarkan pernyataan yg sama. Rasulullah bahagia mendengarnya. Lalu beliau bersabda : .... #PerangBadar

15. "Teruskanlah misi ini utk raih berkah Allah dan berbahagialah! Sungguh, Allah janjikan kpdku salah satu dr 2 kelompok." #PerangBadar

16. Rasulullah truskan prjalanan hingga sampai dekat sumber air di daerah Badar lalu berhenti. Melihat ini, Habbab bertanya:... #PerangBadar

17. "Wahai Rasulullah, di sinikah tempat yg diwahyukan Allah utk berkemah, atau sekedar pendpt pribadi bag dr strategi?" #PerangBadar

18. "Ini adalah pendapat pribadi, siasat perang dan termasuk strategi." Jawab Rasulullah. lalu Habab menyarankan utk sisir.... #PerangBadar

19. ...Utk sisir jalan menuju tmpat lain yg lebih layak & bisa digunakan kaum Muslim utk blokir aliran air ke perkemahan musuh. #PerangBadar

20. Segera Rasulullah & para sahabat bangkit menuju tempat yg ditunjukkan oleh Habbab. Mereka berkemah di sana sbg strategi #PerangBadar

21. Selain bicara soal strategi, #PerangBadar jg mengisahkan kesetiaan dan cinta kpd Rasulullah sperti apa yg disulkan Mu'adz utk buat tandu

22. Mu'adz usulkan agar buat tandu utk Rasulullah yg ditempatkan di belakang kaum Muslimin sbg perlindungan. #PerangBadar

23. Jika Allah memuliakan mereka tentu hal inilah yg Rasul inginkan. Jk tidak, beliau akan tetap duduk di atas tunggangannya. #PerangBadar

24. Sebelum perang dimulai, hati mereka bermunajat kpd Allah. Mereka memohon dianugerahkan kemenangan. #PerangBadar

25. Mereka kaum muslimin mengharapkan Allah menerima syahid mereka, sehingga bisa mencium bau surga. #PerangBadar

26. #PerangBadar memang sebuah pertempuran yg tdk terencana sebelumnya. Kalah jumlah membuat sifat #pasrah kaum Muslimn kpd Allah sbg takwa

27. Takala kedua kubu pasukan hendak bertempur, Nabi mengatur barisan kaum muslimin dan memotivasinya agar mencintai syahid #PerangBadar

28. Nabi saw bersabda : "Demi zat yg jiwaku ada dlm genggaman-Nya, siapa pun yg bertemput lawan mereka (kafir Quraisy), lalu... #PerangBadar

29. ...lalu gugur dlm keaadaan sabar & mengharapkan Allah, niscaya akan memasukkannya dalam surga." Sabda Rasul sbg motivasi #PerangBadar

30. Setelah memberikan motivasi, Rasul masuk ke tandunya. Rasul pun berdoa: “ya Allah, jika Engkau hancurkan golongan pasukan.. #PerangBadar

31. ...pasukan Muslimin, niscaya Engkau tidak akan disembah di bumi ini." Beliau sujud sangat lama, sampai-sampai Abu bakar.... #PerangBadar

32. ...sampai Abu Bakar berkata, "Sudahlah, Rasulullah. Sungguh, Allah pasti akan memenuhi janji-Nya kpdmu." #PerangBadar

33. Pertempuran pun berkecamu sengit, dan berakhir dg kemenangan kaum Muslimin. Sebagian besar korban dipihak musyrikin. #PerangBadar
34. Dari pihak kaum musyrikin terbunuh sekitar 70 personil termasuk Abu Jahal, sementara 70 personil lainnya jd tawanan perang. #PerangBadar
35. Kemudian Nabi saw menyuruh para sahabat utk mengubur semua prajurit g terbunuh. Setelah selesai, lalu kembali ke Madinah. #PerangBadar
36. Sekembalinya di Madinah, Nabi bermusyawarah dg para sahabat perihal para tawanan. Umar mengusulan utk membunuh mereka. #PerangBadar
37. Tetapi Abu Bakar mengusulkan agar meminta tebusan utk kebebasan para tawanan. Rasul pun menerima usulan Abu Bakar. #PerangBadar

38. Beberapa ayat al-Qur'an ttg perang badar bisa dibaca pada surat Ali Imran : 123-127. #PerangBadar

39. Banyak hal yg bisa jd pelajaran dalam perang badar, spti : ujian keyakinan, strategi manajemen tempur, ketaatan pd pemimpin #PerangBadar

40. #PerangBadar sbg pelajaran umat islam dmn akal, organisasi, emosi, fisik, serta keyakinan yg penuh dg kepasrahan kpd Allah bersatu!

--------------------------------------------------------------------------------

Rabu, 11 April 2012

jalan ini, jalan bersama ^^



menapaki langkah-langkah berduri
menyusuri rawa, lembah dan hutan
berjalan diantara tebing jurang
smua dilalui demi perjuangan

letih tubuh di dalam perjalanan
saat hujan dan badai merasuki badan
namun jiwa harus terus bertahan
karna perjalanan masih panjang

kami adalah tentara Allah, siap melangkah menuju ke medan juang
walau tertatih kaki ini berjalan
jiwa perindu syahid tak akan tergoyahkan

wahai tentara Allah bertahanlah,,
jangan menangis walau jasadmu terluka
sebelum engkau bergelar syuhada
tetaplah bertahan dan bersiap siagalah

lelah lesu letih ini adalah makanan untuk jalan ini
tidak pernah ada tepuk tangan, karpet merah, maupun ucapan bunga untuk jalan ini
namun jalan inilah yang saya cintai

tidak pernah ada jalan selain ini yang membuat orang dewasa dengan kesusahan
tidak pernah ada jalan selain ini yang mepererat ukhuwah antar saudara dengan kesulitan
dan tidak pernah ada jalan selain ini untuk berbakti kepada orang tua dengan perjuangan

untuk membangun suatu hal yang baik harus di mulai dari hal yang paling kecil
dan hal yang paling kecil itu berawal dari usaha yang besar
jadi untuk mendapatkan hal yang baik harus dengan usaha yang sangat besar

hadiah tidak selalu diawali dengan sesuatu yang baik
namun sesuatu yang baik akan didapat di akhir jalan ini

tanggal 28 maret telah di deklarasikan sesuatu hal untuk membangun yang baik di medan itu
berawal dari kecil di didik, hingga sekarang pun mereka di didik
sungguh hal yang membuat iri bisa berjuang untuk-NYA sejak kecil

sedangkan saya??baru berjuang sekarang, saat berumur 18 tahun
yaa inilah namanya jalan-NYA, tidak ada yang tau berawal kapan dan berakhir kapan
kun fayakun ...
namun waktu bukan berarti segalanya, usahalah yang membedakannya

seperti yang dikatakan Bpk. Gatot Pujo Nugroho, Gubernur Sumatera Utara yang mengutip perkataan dari sahabat ‘Ali Radhiyallahu ‘Anhu pada saat menjamu Garuda Keadilan di rumah dinasnya :
"Laysal fataa man yaquulu hadza abi. Walaakinnal fataa man yaquulu haa ada dzaa!"
bukanlah seorang pemuda, yang berkata "Saya anak dari orang tua kader! Tapi seorang pemuda, ialah yang berani berkata " inilah aku! " dengan segala prestasi dan potensinya. Bukan menjadi hambatan untuk jalan ini, namun sebagai penyokong terbaik untuk jalan ini.


janganlah sering bertanya dan mengkritik sesuatu, tapi perbanyakanlah kerja kalian untuk kebermanfaatan jalan ini.
karena Allah menilai kita bukan dari seberapa kualitas ataupun kuantitas kritik dan pertanyan kita, namun ketakwaan dan usaha kitalah yang Allah nilai

dan jangan sering membuat kesimpulan sendiri sebelum di tabayun kan ataupun di yakini karena ini untuk jalan-NYA juga, karena sangat tipis antara amal dan dosa


walaupun bukan anak kader dan baru memulai ketika umur 18 tahun
insyaAllah semuanya akan selalu membantu dan membangun jalan ini
membangun kebaikan bersama


kita tidak sendirian, kita akan selalu bersama


barakallah bagi Garuda Keadilan yang setelah dideklarasikan 28 maret lalu
tetap berjuang menebar senyum, manfaat dan semangat untuk semuanya !!

semangat berkontribusi ^^


Tegarlah bagai batu karang
Hidup ini adalah perjuangan
Bersama hadapi tantangan
Ridho Allah lah tujuan
( Untukmu Ananda - Izzis )
*mohon maaf jika ada salah kata, monggo dikoreksi ya kawan
karena tujuan tulisan ini hanya untuk kebaikan kok ^^



about garuda keadilan :
www.gerakanmudakeadilan.blogspot.com
@garudakeadilan
sumber foto : http://precious-castle.blogspot.com/
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
waktu menuju sepertiga malam, minggu uts
rezhaditya
salamUkhuwah !!

Senin, 09 April 2012

Alif Fikri ?? :D


Konsep Pendidikan “Hati” - Konsep Pembangun Bangsa Masa Kini.

Bangsa Indonesia pada era sekarang ibarat hanya sekedar artis dari sebuah skenario liberalisasi yang sudah di rancang beberapa puluh tahun kebelakang. Seorang artis yang sudah dirancang bagaimana pola berfikir -ideologi- dalam kesehariannya, lifestyle, hingga isu masalah perpolitikan negara, dan isu dunia pun dirancang oleh mereka. Betapa mirisnya ketika kita mesti memberi “tepuk tangan” kepada mereka yang telah berhasil menguasai ini. Dapat dilihat betapa lihainya mereka membuat generasi-generasi masa depan Indonesia sekarang mulai tidak militan dan egoisme –dimanjakan dengan berbagai sistem- yang berefek mereka akan berkata “iya” ketika itu menguntungkan bagi dirinya (read: korupsi). Isu masalah sekarang pun adalah ulah mereka, betapa cerdiknya mereka dalam mengiringi isu dan pola pikir masyarakat Indonesia dengan media mereka yaitu media televisi yang sudah mereka kuasai. Dapat dilihat dari berbagai tipe channel televisi yang ada sekarang. Mereka sudah berbagi peran dalam pembentukan karakter bangsa indonesia, ada channel yang mayoritas berisi dengan musik, yang mayoritas sekarang lebih mengajarkan bagaimana hidup dalam “khayalan”, cinta dan hura-hura. Selain itu ada channel televisi yang lebih sering menayangkan film barat, sinetron dan lawakan, yang kemudian akan menjadi trending topic dalam lifestyle –mode pakaian, cara berbicara, tingkah laku,dll- mereka. Sungguh miris ketika dari dini anak-anak Indonesia sudah diarahkan oleh mereka dan kita hanya bisa menonton apa yang mereka lakukan. Betapa hancurnya karakter Indonesia ini, dan hanya bisa menjadi follower sebuah trend.
Jika diperhatikan kembali semua aspek masalah di atas itu berawal dari namanya pendidikan. Tidak dipungkiri pendidikan di Indonesia sekarang sangatlah tidak karuan, bukan di lihat dari tingkat prestasinya namun dilihat dari akhlak atau lifestyle mereka. Boleh kita berbangga ketika Indonesia berhasil mengirimkan utusan utusannya dalam olimpiade atau perlombaan luar negeri dan alhamdulillah jika berhasil menang, namun itu hanyalah sebuah prestasi bukan sebuah moral atau akhlak yang sebenarnya lebih penting untuk negara ini. Karena dari sebuah moral rakyatnyalah, akan memajukan negara itu. Sungguh miris, ketika seorang anak SD sudah mulai merokok, bolos sekolah dan sering berkelahi, ini bukanlah perilaku seorang anak-anak yang seharusnya. Sehingga bukan hal yang tabu ketika para penjabat sekarang sering melakukan korupsi, mengincar kedudukan demi kepentingan sendiri karena dari kecil saja mereka belum ditanamkan betapa pentingnya ideologi akhlak yang baik.
Jadi dapat dilihat bahwa sistem pendidikan Indonesia sekarang itu hanya sebagai legalitas sebuah negara, bukan hal yang di seriuskan oleh negara. Para murid hanya di beri penjelasan, kerjakan soal, ulangan dan lulus. Jarang sekali ada sekolah yang menerapkan sistem pendidikan “hati” yang sebenarnya hal ini paling fundamental dari baik buruknya moral negara.
Sistem pendidikan “hati” yang ditawarkan di tulisan ini yaitu sistem yang di beri nama LICCO –Learning Innovative Creative Community. Sistem yang berasaskan persaudaraan, yang kemudian dimentoring dan di evaluasi. Sistem ini sangat pas di terapkan untuk tingkat pendidikan SD, karena di jenjang inilah moral dan akhlak setiap anak dibentuk. Dan sistem LICCO ini tidak akan menganggu sistem belajar yang sudah ada sekarang, sistem ini fleksibel dalam mengerjakannya. Bisa dilakukan di waktu kapan pun namun yang harus di tegaskan yaitu dalam 1 minggu sistem ini harus berjalan min 1x. Sistem ini dipandu oleh seorang pemandu yang dimana 3 tingkat diatas (read: kelas 1 – kelas 4, kelas 2 – kelas 5, kelas 3 – kelas 6), kemudian dibagi setiap kelompoknya maksimal 10 orang dan hanya menghabiskan waktu 1 jam. Di dalam LICCO ini adalah tempat me-review mata pelajaran yang diajarkan guru, tempat cerita anak-anak SD –karena terkadang anak-anak SD akan lebih leluasa cerita ketika bersama teman sepermainannya- . tempat pengajaran akhlak yang baik seperti selalu mengerjakan tugas, diajarkan berdzakat, selalu piket, hidup teratur rapih dll. Yang kemudian di pantau oleh orang tua masing-masing beserta di awasi oleh guru-guru di sekoah tersebut. Sungguh sinergitas yang baik di sekolah ini jika sistem ini dijalankan. Dan di sini lebih di tekankan untuk membentuk anak-anak SD belajar teladan dari si pemandu dan akan menjadi teladan untuk orang sekitarnya. Simple namun inilah yang dibutuhkan Indonesia agar tidak dijajah terus menerus oleh liberalisasi.
Karena manusia yang hebat adalah manusia yang cerdas, berakhlak, sekaligus menghargai  nilai dan moral. Manusia yang berakhlak tidak akan sanggup untuk berbuat yang menyalahi nilai dan moral yang berlaku, walaupun nilai dan moral itu belum ada. Sederhananya, orang yang berakhlak tidak akan sanggup melanggar hukum, meski hukum itu tidak ada. Orang yang berakhlak akan memunyai semacam rem, ketika dia akan terjerumus pada hal-hal menyalahi nilai dan moral.  Sepertinya, sistem pendidikan yang dimiliki oleh bangsa ini, hanya mengajarkan bagaimana caranya menjadi pintar, bukan mengajarkan bagaimana caranya menjadi cerdas, jika diibaratkan sebuah computer, maka otak manusia di Indonesia hanya diibaratkan sebagai hard disk saja, bukan sebagai Operating System yang bisa memproses data yang baru. Padahal untuk membentuk orang yang berakhlak, pendidikan seperti itu tidaklah cukup. Semoga ikhtiar sistem ini dapat berjalan di beberapa tahun kedepan J
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ditulis oleh : Rezha Aditya M.B & Imadudin A'la
-Training Menulis dengan tutor Ridwan Budiman-
*masih banyak koreksi dari tata penulisan, isi, dan masih obyektif banget - Ridwan Budiman*
*gak papa, tetap semangat menuliss, walaupun bukan Alif Fikri, tapi saya adalah Rezha Aditya M.B  ^^


sumber foto : filsafat.kompasiana.com

Jumat, 06 April 2012

#Renungan : Jangan Jadi Kader Manja



Pentingnya memahami kaidah pertengahan... 

sungguh terasa saat kita berbaur dengan berbagai macam warna. Saat perjuangan itu mulai membesar, Allah berikan masalah untuk menyaring & menyeleksi siapa di antara para pejuang yang tetap bertahan. Saat saringan itu mulai menampakkan hasilnya, Allah akan buka kembali berbagai kemudahan bagi perjuangan itu, jika mereka layak mendapatkannya. Saringan itu berupa bibit-bibit kekecewaan, ide yang tak terpakai, terpaan berita buruk, hingga harta & tahta. Tidak ada ujian yang terlalu mudah.

Tahun 99, kita telah menyaksikan ujian itu. Banyak yangg bergelimpangan, terlempar ke luar karena tekanan yang begitu kencang pada perjuangan ini. Semangat yang begitu tinggi, harapan yang amat besar, benar-benar membuat syok jiwa-jiwa yang tak siap menerima kecilnya dukungan saat itu. Sebagiannya pun berlarian, bertanya-tanya kepada dirinya sendiri. Inikah jalan itu? Jalan yang diyakini itu? Ini terlalu berat... 

Namun perlahan tapi pasti, keyakinan itu mulai tampil. Kita tidak berjuang sendiri, & berjuang tidak untuk diri kita sendiri saja. Ada yang berkata "bukan ini jalannya!" karena tak ingin menahan beban yg sama di kemudian hari. Namun ada yang tetap tersenyum dalam duka. Dan seleksi Allah pun berlaku. Tertatih-tatih, langkah-langkah perjuangan harus tetap dilakukan, meski sebagiannya memilih jalan berbeda. Kami sadar, jalan berbeda itu belum tentu salah. Namun inilah yg telah kami pilih. Tiada kata mundur, apalagi bubar. Tetap maju !!

Belajar dari pengalaman, begitulah tauladan Rasul. Ternyata, saat itu, tidak banyak yang mengenal kami, dan apa yang ingin kami berikan tuk negeri. Tidak ada jalan lain, perjuangan harus menggunakan kelebihan sang pejuang. Maka, turunlah ribuan dari kami memperkenalkan gerakan ini. Kami pun mengetuk jutaan pintu, berkelana dari satu gunung ke yang lain, masuk pedalaman, menyeberangi perairan. Memperkenalkan diri. Kami keluarkan isi kantong untuk menghidupi perjuangan ini. Berusaha tabah atas beraneka sambutan masyarakat, yang ingin kami perjuangkan. Tiada keharusan bagi siapa pun untuk menerima apa yang kami sampaikan, namun kami mengharuskan diri utk menyampaikannya. Dengan berbagai resikonya. 

Saat itu, optimisme itu begitu menggairahkan. Menyeruak, ingin sekali kami berikan apa yang kami punya untuk negeri. 

Kami sadar, kami masih tampak sebagai anak kecil yg manis, polos dan lugu tanpa beban. Biarlah semua anggapan itu. Yang penting berjuang. Perlahan kami berjalan, tersaruk-saruk & berulang kali menabrak tembok. Belajar dengan tergagap-gagap, sungguh banyak jebakan tertebar di dalam. Setelah kesulitan, ada kemudahan... 

Allah gerakkan kami melompat cukup jauh. Mengokohkan wujud, bersiap untuk makin mewarnai. Dan kembali Allah terapkan seleksinya atas perjuangan ini. Berbagai masalah yang tak terbayangkan muncul tiba-tiba, mengejutkan semua orang. Makin tinggi pohon, makin kencang terpaannya. Kami tidak mengaku tinggi, namun terpaan itu makin kencang terasa. Anak kecil manis yang lugu itu mulai tumbuh dewasa. Ia mulai belajar bersikap. Dan sebagian orang mulai menganggapnya berbahaya. Para pimpinan kami, adalah beliau-beliau yang telah bertahun-tahun lamanya mengorbankan banyak hal utk perjuangan. Kami mencintai mereka semua. Mudah menyalahkan saat tidak berada di dalam. Tapi ketika hati-hati itu berpadu dalam doa, sungguh rasa syukur itu takkan terlupa slamanya :')

Cerita belum berakhir, yang masuk akan makin banyak, yang tersaring juga akan ada. Semoga kita diberi kebaikan, di mana pun kita berada. Partai hanyalah sarana. Dengan atau tanpanya, perjuangan tetap berjalan. Politik adalah pilihan yang telah diambil. Sekarang, waktunya berjuang! :’)

Pesan moral: Jangan jadi kader manja.

- kuiltwit by @PKSjerman -

berbicara mengenai CinTa ^^

Keluarga Baru, Keluarga Penuh Makna, Keluarga di Tahun 2012 ini :)
Namun tidak ada bapak dan tidak ibu (?) tapi adanya CinTa diantara kita :3

CinTa untuk saling mengingatkan ...
CinTa untuk saling menguatkan ...
CinTa untuk saling mendoakan ...
CinTa untuk saling berbagi ...
Dan CinTa untuk saling membangun CinTa kita :D

aduuh daritadi ngomongin CinTa ya? :P #noGalau loh ini ^^
karena CinTa itu adalah Keluarga Kita, Keluarga dengan Visi dan Misi yang sama yaitu membangun Teknik, Indonesia dan Dunia menjadi lebih baik dengan misi #rahasia :P

CinTa kita jangan pernah mati, jika mati segera nyalakan lagi CinTa di antara kita
CinTa kita berawal dari yang tulus menjadi bermanfaat
CinTa yang selalu di isi dengan ketawa, sedih dan marah bersama ^^

ada satu statment yang saya suka :
Berantem itu suatu hal yang wajib dalam berorganisasi dan berkeluarga, karena dari berantem ini kita tau karakter orang itu dan saat itulah kita saling menghargai, yang kemudian saling menguatkan :D
daritadi bahas CinTa mulu yaaaakkkk :P
baiklah CinTa yang dimaksud disini adalah ......

CENDEKIA TEKNIKA
saling menguatkan yaa teman-temanku yang bergabung dalam keluarga kita yaitu CT :D
kita bangun CT lebih baik dan kita jaga adek-adek kita ^^


"Ia rukunkan antar hati mereka, yang seandainya engkau belanjakan seluruh kekayaan bumi seluruhnya, niscaya engkau takkan mampu merukunkan antar hati mereka, akan tetapi Allah merukunkan antar mereke" ( QS. Al Anfal : 63 )

hati kita bersatu karena Allah, dan tujuan kita juga satu untuk Allah, :D

CT!!
CERIA!!
CeRdas dalam Ilmu dan Amal!!

Kamis, 05 April 2012

" Talksown dan Sosialisasi MAPRES 2012 "

woro-woro !!
Cendekia Teknika Ugm punya acara :D

sudah pada tau mengenai MAPRES??
sudah siap sebagai perwakilan UGM??

dan apakah kamu MAPRES selanjutnya..??!!!!

" Sosialisasi dan Talkshow Seminar Mahasiswa Berprestasi 2012 "
Sabtu, 7 April 2012 - ( 09.00 - 12.00 )
@KPFT 2.1
cp : 085652033472

GRATIIISS..!!!!
Ayooo pada dateng :D

MAPRES selanjutnya adalah orang yang Cerdas dalam Ilmu dan Amal ^^


 _________________________________________________________________________________
by : Cendekia Teknika UGM ^^

Alm. Ustad KH. Rahmat Abdullah - the best motivator -

Aku rindu zaman ketika halaqoh adalah keperluan,
bukan sekedar sambilan apalagi hiburan …

Aku rindu zaman ketika mambina adalah kewajiban
bukan pilihan apalagi beban dan paksaan …
 
Aku rindu zaman ketika dauroh menjadi kebiasaan,
bukan sekedar pelangkap pengisi program yang dipaksakan …

Aku rindu zaman ketika tsiqoh menjadi kekuatan,

bukan keraguan apalagi kecurigaan …

Aku rindu zaman ketika tarbiyah adalah pengorbanan,

bukan tuntutan, hujatan dan obyekan….

Aku rindu zaman ketika nasihat menjadi kesenangan

bukan su’udzon atau menjatuhkan …

Aku rindu zaman ketika kita semua

memberikan segalanya untuk da’wah ini …

Aku Rindu zaman ketika nasyid ghuroba

manjadi lagu kebangsaan…

Aku rindu zaman ketika hadir liqo adalah kerinduan

dan terlambat adalah kelalaian …

Aku rindu zaman ketika malam gerimis

pergi ke puncak mengisi dauroh
dengan uang yang cukup2
dan peta tak jelas …

Aku rindu zaman ketika seorang ikhwah

benar-benar berjalan kaki 2 jam
di malam buta sepulang tabligh da’wah di desa sebelah …

Aku rindu zaman ketika pergi liqo

selalu membawa infaq, alat tulis, buku catatan
dan qur’an terjemah ditambah sedikit hafalan …

Aku rindu zaman ketika binaan menangis

karena tak bisa hadir di liqo …

Aku rindu zaman ketika tengah malam pintu diketuk

untuk mendapat berita kumpul di subuh harinya …

Aku rindu zaman ketika seorang ikhwah

berangkat liqo dengan wang belanja esok hari untuk keluarganya …

Aku rindu zaman ketika seorang murobbi

sakit dan harus dirawat,
para binaan patungan mengumpulkan dana apa adanya …

Aku rindu zaman itu …


Ya Rabb …

Jangan Kau buang kenikmatan berda’wah dari hati-hati kami …

Ya Rabb …

Berikanlah kami keistiqomahan di jalan da’wah ini …

KH RAHMAT ABDULLAH
_______________________________________________________________________________________________________
 Kutipan Alm. Ustad KH.Rahmat Abdullah
begitu malunya, ketika kita malah mempeributkan masalah internal. karena sebenarnya masih ada yang lebih baik dan penting untuk dipeributkan yaitu keberhasilan dakwah ini. keberhasilan islam bisa merangkul semuanya. karena islam itu indah :)
#renunganmalam
syukron ustad ^^ 

#random - oh - random

akhir-akhir ini sifat usilku makin keluar, makin overdosis, makin ubnormal sampai2 salah satu senior berkata " ni anak bener2 dah , mesti diiket".ckckck afwan jiddan ya mas ^^

bukan bermaksud buat ngusil dan tidak menjaga izzah para seniorku, tp ini semua berawal dari sebuah "kesendirian"

yaah ane gak baik dalam berbagi apa yang sedang ane rasakan dan pikirkan, malah terkadang ane cari gara2 supaya mereka tau apa yang sedang ane rasakan. but it's me when i'm fell alone :)

kalau bahasa kerennya itu galau, #eh gak boleh galau ding. jadi ingat salah satu nasehat tmn "orang muslim tidak prnh ada kata galau" jadi tak ubah jadi yang lebih -teknik fisika- sedang di titik jenuh #kerenkan

semua berawal dari beberapa bulan yang lalu, ketika sebuah bidadari datang menghampiri dan memberi sebuah kado yang ane kira sesuai harpan, namun nyatanya tidak sesuai harapan, tetapi kembali lagi ini sebuah kado - sesuatu hal yang pasti baik bagi diri ane, keluarga, agama dan lain hal -

pertama ketika menerima kado ini, bingung kemudian berlanjut bertanya kenapa mesti ini dan satu hal lagi I'M ALONE !!! dan pertama kalinya ane menjadi pendiam berminggu2 di kelas, banyak yg nanya "kenapa kamu ja ?" dan dengan bodohnya aku jawab "kesamber jin nih" -_______-"

yaaap ini yang kurasakan pertama kado dikasih, setelah beberapa minggu berjalan dan bertanya2 dan adu satu senior berkata "sudah jangan sering bertanya, gak baik toh untuk d***** juga" -kurang lebih seingatku kata2nya gtu- dan simple yang kepikiran saat itu "mbak ini pasti ngerasain hal yang sama ketika dikasih kado ini" -sama2 mencari orang yang sederita :P - dan semangat pun kembali ane tumpuk lagi di sehari2.


ketika semangat dan aktivitas berjalan beriringan ibarat romantisme semua pekerjaan dengan cepat terselsaikn, lancar dll deh,namun ibarat sebuah rangkaian tiba2 aja terjadi discharging -_____-", yup atau kata kerenya futur.

futur ketika berpikir dan bertanya2 kembali, "why me?", rasanya bukan ane seharusnya yg dpt kado ini -____-" hmph orang yang banyak berlumur dosa dapat hal yang enak ini :(

dan sampai sekarang futur itu berjalan dan berefek ke prolog diatas, yaitu usil ke semua orang. rasanya pgn berbagi pikiran ini, rasanya ingin pulang kampung dan mematikan hp ini, hmph namun itu semua sama saja manja.

jadi mohon maaf bagi orang-orang yang sering aku ledek, usilin blognya dll deh terutama ke senior, hahah junior yang gak baik :p
tp ini semua cmn ingin berbagi ketawa kalian di ke-futur-an ini biar aku gak jatuh ke jurang -gak bisa keluar- dan biarkan ketawa kalian menjadi tali disaat aku masuk jurang ini sebagai pengingat bahwa manja itu gak baik :)

afwan jiddan buat mba yanuar, mba jupri, mas desti, mas yuana, mas tanto dan syukron !!

keingat suatu pesan :

" Dewasa itu sebuah pilihan, pilihan Allah bagaimana cara mendewasakan kita dengan masalah yang berbeda-beda setiap orang "
salah satu kerjaan usilan saya nih :
 ohya kado ini sekarang sudah bisa aku bagikan ke satu orang, semoga bisa sama2 menjaga kadonya ini yaak sahabat perjuangan :D " alhamdulillah "
________________________________________________________________________________
 menjelang UTS, pasca mengerjain mas jupri
rezhaditya, 23091992