Minggu, 13 Februari 2011

Kalau asal jangan usul, kalau usul jangan asal :D

berawal dari copas slogan program salah satu televisi *tiiit*. Mari dibuka post kedua ini :)
Bismillah :)

.:: Pohon Pisang ::.
Sekilas Nama Blog ini akan membahas mengenai berbagai tipe monyet dan sebangsanya (re : yang baca) #peace :) Maka dari itu mari di bongkar, di geledah, di cabik, di mutilasi asal usul "Nama" ini (semakin ngeri) #garing

Berawal dari sebuah buku bin bermanfaat bin pinjaman bin kere bin gak modal dari seseorang yang subhanALLAH dapat mengalihkan dunia hanya dalam sekejap #lupakan :p yaitu berjudul " Bujang dan Jendral Portugis ".  Buku ini merupakan buku penuh hikmah alam dari ALLAH SWT yang sebenarnya tiap hari kita merasakan namun kita tidak mengetahuinya, contohnya ada di salah satu bab di buku ini berjudul sesuai judul blog ane, "Pohon Pisang". Di sini di ceritakan tokoh utama si Bujang bersama sahabat terdekatnya yaitu syaikh cinta. Sedang menjalankan misi menyamar di salah satu kota di Bagian Selatan Kesultanan Riak Damai untuk memberitahukan kepada syaikh tertingginya alias pemimpin dari kota ini untuk merapatkan barisan lebih erat antara bagian utara,timur,barat dan selatan Kesultanan Riak Damai. Karena pada awal cerita di buku ini terdapat masalah yaitu Menteri Uzair (musuh bebuyutannya Bujang) beserta saudagar2 eropa   ingin menghancurkan Kesultanan Riak Damai dengan memecah belah tiap bagian di Kesultanan. Salah satu caranya yaitu dengan membuat suatu kelompok di bagian selatan yang menganut kepercayaan liberal dengan membuat nabi palsu. Sehingga di bagian selatan terbagi dua kubu yaitu Blok Barat dan Blok Timur #ngawur :). Kubu Pro dan Kontra sehingga sering terjadi perlawanan di berbagai desa. Dengan cara ini maka akan terjadi perpecahan yang kemudian akan berujung kehancuran Islam di Kesultanan yang terkenal dengan para syaikh-syaikh handal.
Back to the topic, Pada bab "Pohon Pisang" diceritakan kota Bagian Selatan Kesultanan Riak Damai ini di serang oleh sekelompok penjahat dan saat itu Bujang dan Syaikh Cinta sedang berada di kota ini. Penyerangan ini terjadi saat larut malam di mana para santri-santri sedang tertidur terlelap, namun seperti biasa bujang dan syaikh cinta sedang melakukan rutinitasnya yaitu shalat sepertiga malam di pondoknya. Sehingga saat hendak penyerangan bujang dan sahabatnya masih bisa sempat keluar dari pondok dan membangunin para santri untuk menghadapi kelompok penjahat ini. Namun ternyata para santri tersebut malah takut dan sembunyi dikarenakan jumlah para penjahat 2x lipat dibandingkan para santri . Jika ini dibiarkan maka pemimpin kota ini akan diserang dan kota akan hancur. Sehingga Bujang dan syeikh cinta mengumpulkan para santri di suatu lapangan luas yang ditanami pohon pisang. Di sini bujang memberi nasihat dengan hikmah berdirinya pohon pisang,

" coba kita lihat pohon pisang hidup hingga mati, saat pohon pisang masih dalam keadaan hidup daun dan buahnya sangat bermanfaat untuk kehidupan di sekelilingnya dan saat mati pun batang pohonnya berguna bagi sekelilingnya "

apa hikmah dari semua ini? bujang menjelaskan :

" Sesungguhnya kita sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT dari awal kita berada di bumi ini hingga meninggal pun harus bisa bermanfaat dan berkontribusi untuk sekelilingnya apalagi untuk agama yang sudah di perjuangkan Para Nabi, Rasul serta sahabat2nya yaitu Islam. Sesungguhnya ALLAH akan selalu bersama orang-orang yang memperjuangkan agama-NYA "

Bagaimana caranya?? yaitu dengan berjihad. Di sini jangan menyalahgunakkan kata jihad, jihad bukanlah bunuh diri ato harakiri. Namun Jihad ini bisa kita lakukkan dalam segi pendidikan, membantu orang tanpa pamrih, zakat, hingga senyum kita. Jadi lah orang yang meninggalkan kebaikan sebelum ajal memanggil, jangan kalah dengan sebuah pohon pisang :)

Denger penjelasan ini, ghiroh (re : semangat) para santri untuk menyelamatkan kota ini mulai menggebu-gebu. Sehingga dengan bekal doa,niat dan percaya ALLAH SWT mereka semua melawan kelompok penjahat ini. Dan alhasil para penjahat kalah telak, mereka kabur terpecirit. Para santri,bujang dan syeikh cinta menang, jangan lupa atas campur tangan Yang Maha Kuasa. Namun di balik kemenangan ini ada beberapa santri meninggal dunia dengan jihad di jalan ALLAH, semoga mereka berada di sisi ALLAH dan masuk ke dalam surga abadi :)

Mungkin inilah mengapa ane memberi nama blog ane pohon pisang, bukan berarti ane mau jualan pisang :p. Namun semoga dengan blog ane bisa membantu dan menambah wawasan bagi para pembaca. Semoga salah satu cara berjihad melalui tulisan ini bermanfaat

ingatlah,

" Janganlah berpikir apa yang akan diberikan oleh orang sekitar kita, namun berpikirlah apa yang akan kita berikan untuk orang sekitar kita "

*note : buat DSW syukron jiddan atas buku nan bermanfaat ini :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

No SARA No RASIS (",)